nusakini,com-Palangkaraya-PSM Makassar membuka peluang ke babak 16 Besar Piala Indonesia. Di markas Kalteng Putera, PSM menekuk tuan rumah 2-1 pada leg 1 32 Besar Piala Indonesia di Stadion Tuah Pahoe, Sabtu (26/1).

PSM sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama. Kalteng Putera mendapatkan golnya lewat eksekusi penalti I Gede Sukadana. Tapi, Juku Eja menunjukkan dominasinya di babak kedua dan membalikkan keadaan lewat gol Zulham Zamrun dan Wiljan Pluim.

Usai pertandingan, asisten pelatih PSM, Imran Amirullah mengakui Kalteng Putera sempat menyulitkan mereka. "Tapi, itu sudah kami perkirakan sejak awal. Sebagai tuan rumah Kalteng Putera pasti tampil agresif. Itulah mengapa saya meminta pemain agar bermain disiplin," ujar Imran.

Menurut Imran, setelah mempelajari penampilan lawan, PSM merubah taktik di babak kedua dengan bermain agresif dengan mengandalkan umpan silang ke kotak penalti lawan. "Saya sengaja memasukkan Reva Adi Utama menggantikan Rasyid Bakri. Reva bagus dalam melepaskan umpan sekaligus memanfaatkan postur tinggi Eero Marrkanen. Hasilnya efektif. Kami bisa membalikkan keadaan," kata Imran.

Dilain pihak, Imran memahami kegagalan Eero mencetak gol perdana buat PSM pada pertandingan resmi. "Dia sudah berusaha mencetak gol. Hanya kurang beruntung saja," pungkas Imran. (ab)